JUAL BIBIT LOBSTER AIR TAWAR

kami menjual anakan lobster air tawar dg ukuran sebesar ibu jari (jempol), harga per ekor Rp. 1.200. 1 paket anakan lobster berisi 100 ekor. bagi yang berminat dapat menghubungi no 085624031657

Jumat, 30 April 2010

BUDIDAYA LOBSTER AIR TAWAR



Budidaya lobster air tawar terdiri atas 2 fokus kegiatan, yaitu pembenihan dan pembesaran. Budidaya lobster air tawar sangatlah mudah dan tidak harus memiliki keahlian khusus seperti budidaya udang lainnya atau ikan air tawar. yang terpenting harus dengan oksigen yang cukup didalam air dan pakan yang cukup (tidak berlebihan) maka lobster akan tumbuh sempurna dan bongsor. selain itu budidaya lobster air tawar juga  tidak meyita banyak waktu. lobster air tawar cukup diberi makan pada pagi dan sore hari, sedangkan untuk pembersihan kolam dan pensortiran setelah panen dapat dilakukan pada waktu libur.


1. Pembenihan adalah menghasilkan bibit atau anakan lobster air tawar hingga ukuran 2 Inci. Yang diperlukan adalah Induk Berkualitas yang tidak mudah terserang penyakit dan bukan dari hasil perkawinan sedarah (inbreeding) pasalnya perkawainan sedarah akan menghasilkan lobster berkelamin ganda atau intersex. Apa yang dibutuhkan pada segmen pembenihan adalah induk lobter air tawar yang terdiri atas 5 betina+4jantan dengan kepadatan tempat pembesaran 50cmX50cm dengan tinggi air mak 30 cm dengan atap tertutup atau bisa memberi atap sebuah paranet untuk tanaman angerek atau Terpal. Untuk kolam perkawinan diusahakan maksimal 1m2. karena kalau kapasitas sedikit sedangkan kolam terlalu besar akan mengurangi lobster memilih pasangannya, karena mereka jarang bertemu. Dan untuk medianya pembenihan tidak harus memiliki lahan yang terlalu luas perkawinan indukan cukup mengunakan aquarium atau kolam semen dan pembesaran anakan hingga ukuran 2 inci dapat dilakukan dikolam semen juga.

langkah awal pembenihan yaitu induk lobster air tawar yang telah dikawinkan dalam kolam semen, setelah 2 minggu kolam dikuras semua maka akan ada lobster yang sudah gending telur. kemudian lobsternya telah hamil dipindahkan kedalam kolam atau aquarium untuk masa pengeraman 1 bulan setelah itu lobster dipindahkan ke kolam semen untuk penetasan anakan lobster. biarkan anakan lobster besar hingga ukuran 2 inci selama 2 bulan. untuk induk lobster ukuran 4 Inci dapat menghasilkan 200 ekor telur dengan tingkat kematian 15%. Semakin besar ukuran lobster dan semakin sering lobster dikawinkan maka lobster tersebut akan semakin banyak menghasilkan telur.
2. Pembesaran adalah menghasilkan lobter ukuran konsumsi, biasanya untuk lobster air tawar yang disajikan di restoran ukuran Per Kg isi 10-12 ekor. Yang dibutuhkan yaitu bibit lobster air tawar ukuran 2 inci untuk pembesaran. pada tahap pembesaran harus memiliki lahan agak sedikit besar dan disarankan untuk menggunakan kolam tanah, agar lobster dapat hidup seperti dihabitat aslinya.berdasarkan beberapa riset pembesaran lobster air tawar di kolam tanah lebih baik jika dibandingkan dg pembesaran di aquarium, kolam semen, bak fiber, kolam terpal, kolam karper. lobster yang di besarkan di kolam tanah akan lebih cepat pertumbuhan. adapun kapasitas kolam maksimal 10 ekor lobster per meter. Dan ini harus dipisahkan antara jenis kelamin betina dan jantan agar ketika pembesaran lobster tidak kawin. Dan diusahakan untuk kelamin jantan saja yang dibesarkan karena memang jantan lebih cepat pembesaran dibanding betina.
masa pembesaran lobster adalah 6 bulan, kemudian lobster dapat dipanen hingga ukuran 10 -12 ekor per Kg.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar